Rabu, 14 September 2011 - 03:50:13 WIB
Silaturahmi Warga Menjadi Ajang Tampilnya Artis Plekhotoan
Diposting oleh : Hary Susanto
Kategori: Pengurus RT - Dibaca: 7090 kali

Sesuai dengan agenda pertemuan rutin Minggu, 11 September 2011 acara silaturahmi warga dapat dimulai pada pukul 08.40 WIB, pelaksanaan memang cukup lumayan mundur karena direncanakan pukul 08.00 namun segenap panitia memaklumi dengan kondisi kesibukan masing-masing apalagi dalam acara silaturahmi ini juga dijadikan ajang untuk foto masing-masing warga termasuk melayani bagi yang mau foto keluarga, melihat antusiasme warga sangat tinggi terhadap acara ini maka acara segera dimulai dengan dipandu oleh Ibu Dina dengan susunan acara yang sesuai dengan hasil musyawarah di tempat Bapak Eko. Diawali dengan basmallah dan langsung sambutan dari Ketua Panitia yaitu Bapak Hary Susanto yang mana pada intinya beliau menyampaikan bahwa tujuan utama dari acara tersebut adalah 1) untuk menjalin tali kasih sayang dan persaudaraan antar warga, 2) untuk saling mengenal, mengingat acara ini adalah acara silaturahmi yang pertama kali. Karena dari sekian banyak warga belum tentu semua warga saling mengenal. Oleh karena itu acara ini juga sebagai acara perkenalan. 3) untuk menjali komunikasi yang baik antara warga RT 05 RW 02 dengan Pemerintah Desa. Ketua panitia juga menyampaikan terima kasih kepada segenap panitia dan warga yang telah mendukung dengan berbagai masukkan baik itu ide pemikiran, waktu, tenaga, bahkan dana sehingga acara silaturahmi ini bisa sesuai harapan yaitu bisa berjalan dengan sukses.

Dilanjutkan dengan sambutan Ketua RT oleh beliau Bapak M. Tantowi yang menyampaikan Minal Aidzin Wal Faidzin kepada semua warga. Beiau menyampaikan bahwa semenjak RT 05/02 terbentuk dengan dikeluarkannya SK resmi dari Pemerintah Desa bahwa sebagai RT termuda di wilayah Pejagoan RT 05/02 memilki program jangka pendek, jangka menengah, dan program jangka panjang. Program yang sudah berjalan saat ini antara lain: 1) Pertemuan rutin RT pada malam minggu kedua yang sudah berjalan setiap bulan. 2) Pertemuan Ibu-Ibu PKK yang berjalan pada hari Minggu di minggu kedua pada setiap bulan, 3) Kerja bakti RT setiap minggu kedua pada setiap bulan, 4) Kegiatan keamanan yaitu ronda malam yang sudah berjalan selama 1 bulan terakhir ini. Adapun secara phisik warga RT juga telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan perbaikan saluran air di sebelah utara gading permai. Perbaikan saluran PDAM dan perbaikan saluran air sebelah barat perumahan gading permai. Peningkatan fasilitas publik yang telah dibangun antara lain adanya gardu ronda, ada portal yang saat ini sudah jadi disebelah selatan. Dimilikinya gerobak RT yang memang digunakan untuk membantu proses kerja bakti warga, dan pada RT 05/02 juga sejak berdiri telah membangun kampung Cyber bahwa di RT 05/02 telah terhubung ke internet. Hal ini dipandang perlu mengingat anak-anak sekolah sekarang pasti membutuhkan internet sehingga tidak perlu kemana-mana untuk mengakses internet, selain itu juga akan lebih terpantau dalam mengakses situs-situs internet. Selain itu bagi orang tua juga dapat membantu menyelesaikan pekerjaannya. Pada kesempatan ini Ketua RT juga menyampaikan terima kasih  kepada semua hadirin dan warga yang telah begitu antuas menghadiri dan berartisipasi aktif dalam pelaksanaan acara silaturahmi. Sesuai dengan motto bahwa keluarga terdekat adalah tetangga. Jadi walaupun kita memiliki saudara di Semarang atau di luar Jawa tidaklah mungkin saudara kita yang disana bisa langsung menolong kita jika ada sesuatu, maka yang paling mungkin menolong adalah tetangga. Kepada Sekretaris Desa beliau Ketua RT juga menyampaikan bahwa jumlah KK di RT 05/02 adalah sebanyak 35 KK dengan jumlah 135 jiwa.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Desa Pejagoan yaitu Bapak Kusmawardi menyampaikan permohonan maaf karena Kepala Desa tidak bisa hadir dan diwakilkan oleh beliau. Beliau juga menyampaikan bahwa ternyata sebagai RT termuda ternyata RT 05/02 adalah RT dengan jumlah kegiatan yang terbanyak dan terencana dengan baik oleh karena itu pemerintah desa senantiasa mendukung program kerja yang memang telah disepakati. Beliau yakin dengan dipimpin oleh Ketua RT 05/02 yaitu beliau Bapak M. Tantowi insya allah RT 05/02 mampu menjalankan Visi dan Misi yang telah dibuat bersama. 

Acara dilanjutkan dengan ikrar yang dibacakan oleh Sdr Yahya Sudrajat dengan puitis sekali yang bunyi ikrarnya adalah sebagai berikut :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak Daru yang kami hormati

 

Di saat hari dan bulan yang fitri ini, teriring udara cerah menghiasi pagi.

Izinkan kami warga RT 05 RW 02 Desa Pejagoan tanpa kecuali, sowan menghadap Bapak untuk mencurahkan isi hati.

 

Pertama,

Kami warga RT 05 RW 02 Desa Pejagoan mengucapkan selamat,

Mohon terimalah rangkaian kata selamat kami yang mana khususnya Bapak Daru yang kami tuakan

Kepada Bapak kami haturkan Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.

 

Bapak Daru yang kami hormati,

Yang Kedua,

Bukan hanya sekedar memenuhi adat, tapi memang perintah Tuhan pada semua umat, untuk dapat saling meminta dan memberi maaf agar kami kembali kepada fitrah dan meraih kemenangan maka sudilah Bapak memberikan maaf atas segala salah kami.

 

Warga RT 05 RW 02 Desa Pejagoan hanya bisa berserah diri.

Mungkin selama kami bermasyarakat terdapat khilaf dan salah, kaki salah langkah, tangan salah lambai, lidah salah ucap, baik yang disengaja ataupun tidak, baik yang sudah kami lahirkan maupun belum mohon Bapak maafkan. Mohon Bapak leburkan dihari yang fitri ini, sebaliknya apabila Bapak ada salah terhadap kami, terlebih dulu sudah kami maafkan.

 

Bapak Daru yang kami hormati,

Besar harapan kita semoga niat ikhlas kita untuk saling memaafkan ini menjadikan kita kepada fitrah dan meraih kemenangan. Amin.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Ikrar memang disengaja ditujukan ke Bapak Daru sebagai warga yang tertua di RT 05/02 yang kemudian setelah pembacaan ikrar dilanjutkan dengan jawaban ataupun ikrar silaturahmi dari yang tertua yaitu bapak Daru Dwi Purwanto.

Selesai ikrar dari yang termuda ke yang tertua maka acara dilanjutkan dengan perkenalan dan silaturahmi dengan berjabat tangan dipandu langsung oleh Bapak Hary Susanto dan Ibu Dina dengan cara dipanggil satu-satu setiap kepala keluarga besarta istri dan anggota keluarganya dan berjabat tangan dengan semua warga dengan demikian semua warga saling mengenal dan saling bersilaturhami.

Selesai acara ini maka pembawa acara langsung menutup acara dan dilanjutkan dengan hiburan dan ramah tamah yang dibawai oleh MC berikutnya.

 

Memasuki acara ini langsung diawali dengan lagu dari kedua penyanyi yang kemudian spontanitas ketua RT mengawali tampil di panggung menyanyikan beberapa lagu. Tidak tanggung-tanggung 2 lagu langsung keluar, belum 1 album ini. (Hidup Pak ERRRR TEEEEE). Acara terus berlanjut dengan tampilnya pada penyanyi RT 05/02 yaitu Bapak Frans Haidar dan dilanjutkan dengan Bapak Daru Dwi Purwanto yang ternyata sudah mempersiapkan diri , Apalagi setelah tampil mendapatkan kado terindah dari sanga istri yaitu setangkai bunga dan ciuman mesra (wah  so sweet mannn) dengan penuh rasa percaya diri penyanyi-penyanyi hasil plekothoan RT 05/02 pada tampil semua antara lain Bapak Eko Turnip dengan goyang pesawatnya , Bapak Hutahaean , Bapak Ganjar Kurniawan yang langsung melantunkan dua tembang dengan sang biduan , Bapak Taraf yang bergaya ala sebuah konser besar sampai-sampai hadirin diminta menirukan sehingga istrinya terpesona dan terkagum-kagum, Bapak Didit dengan suara merdunya, Mba Ika Hutahaean dengan lantunan tembang merdunya, duet maut Pak dan Ibu RT , Bapak Imam Averroes dengan goyangnya, Bapak Suharya Kunta Wijaya ala Iwan Fals, Bapak Hary Susanto yang ndak pernah nyanyi di panggung juga tidak kalah serunya dengan modal nekadnya mampu mengeluarkan lagu kamar mandinya, dan lain lain yang ternyata semuanya memiliki bakat yang tidak kalah dengan artis-artis Indonesia.

Secara keseluruhan acara berjalan dengan baik dan memuaskan. Segenap panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua warga semoga acara ini menjalin tali kasih sayang  dan persaudaraan yang baik diantara kita. 

 



0 Komentar :